Kamis, 10 Oktober 2013

Film Indie (sekilas Info) :p

Film pendek merupakan primadona bagi para pembuat film indepeden. Selain dapat diraih dengan biaya yang relatif lebih murah dari film cerita panjang, film pendek juga memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa. Meski tidak sedikit juga pembuat film yang hanya menganggapnya sebagai sebuah batu loncatan menuju film cerita panjang.
Film pendek pada hakikatnya bukanlah sebuah reduksi dari film cerita panjang, ataupun sekedar wahana pelatihan belaka. Film pendek memiliki karakteristiknya sendiri yang berbeda dengan film cerita panjang, bukan lebih sempit dalam pemaknaan, atau bukan lebih mudah. Sebagai analogi, dalam dunia sastra, seorang penulis cerpen yang baik belum tentu dapat menulis cerpen dengan baik; begitu juga sebaliknya, seorang penulis novel, belum tentu dapat memahami cara penuturan simpleks dari sebuah cerpen.
Sebagai sebuah media ekspresi, film pendek selalu termarjinalisasi –dari sudut pandang pemirsa- karena tidak mendapatkan media distribusi dan eksibisi yang pantas seperti yang didapatkan cerpen di dunia sastra.
Secara teknis, film pendek merupakan film-film yang memiliki durasi dibawah 50 menit (Derek Hill dalam Gotot Prakosa, 1997) . Meskipun banyak batasan lain yang muncul dari berbagai pihak lain di dunia, akan tetapi batasan teknis ini lebih banyak dipegang secara konvensi. Mengenai cara bertuturnya, film pendek memberikan kebebasan bagi para pembuat dan pemirsanya, sehingga bentuknya menjadi sangat bervariasi. Film pendek dapat saja hanya berdurasi 60 detik, yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya dapat berlangsung efektif. Yang menjadi menarik justru ketika variasi-variasi tersebut menciptakan cara pandang-cara pandang baru tentang bentuk film secara umum, dan kemudian berhasil memberikan banyak sekali kontribusi bagi perkembangan sinema.

Rabu, 09 Oktober 2013

Tips dalam menulis SKRIP (SHORT MOVIE)


Pembuatan sebuah film harus direncanakan sematang mungkin. Salah satu bagian dari produksi film yang terpenting adalah penulisan skenario. Skenario termasuk unsur yang dibutuhkan paling awal sebagai rancangan membuat film. Ketika sebuah skenario telah selesai, maka sebenarnya film telah selesai dibuat pula dalam bentuk tertulis.

Lantas bagaimana cara menulis skenario? Berikut ini akan dipaparkan teknik menulis skenario yang diambil dari beberapa sumber di internet.

IDE CERITA

Oke, mungkin yang pertama ingin diketahui oleh orang yang ingin membuat skenario untuk film adalah langkah pertama. Apa sih yang paling pertama dilakukan dalam membuat skenario?

Yap, the first step is IDE CERITA.

Ide cerita yang ada di kepala sebaiknya langsung dituangkan kedalam tulisan. Cukup ke dalam satu kalimat. Contohnya: tentang seorang pemuda yang jatuh cinta kepada wanita yang tak pernah bisa ia ajak bicara, atau tentang seorang jagoan yang diutus kebumi untuk menumpas kejahatan. Dalam bahasa Inggris, biasanya wujudnya seperti ini: the story tells us about a maid that goes to a dance party in a castle, atau, about a father that always lie to his son.

Apapun bentuknya, biasanya subyek yang ditulis di awal kalimat selalu manusia. Mungkin ada beberapa yang mau membuat subyeknya non-manusia, seperti binatang, matahari, air, waktu, atau apapun. Namun biasanya akan menemui kesulitan dalam pengembangannya karena subyek-subyek non-manusia kadang tidak bisa melakukan aksi dan jarang sekali memiliki problem yang menarik. Seandainya tetap ingin membuat subyek non-manusia, biasanya subyek tersebut tetap “dimanusiakan”, atau dipersonifikasikan, dan tetap memiliki karakter-karakter manusia.

Contoh ide cerita: sepesang kekasih yang telah menikah saat kelas dua SMA dan memiliki seorang anak.

CERITA DASAR

Ide cerita yang cuma satu kalimat harus dikembangkan kedalam cerita dasar (basic story), yang isinya tidak lebih dari satu halaman folio dengan spasi satu setengah dan font times new roman ukuran 12. Biasanya cerita dasar berkisar setengah halaman saja. Isi dari cerita dasar itu ada keterangan tempat dan waktu, keterangan tokoh-tokoh yang muncul dalam cerita, problem-problem utama, serta penyelesaian. Jangan malu-malu untuk menulis akhir dari cerita yang dibuat, jangan disimpan-simpan sendiri atau untuk membuat surprise orang. Tidak ada orang yang bisa anda kejutkan dalam proses penulisan skenario.

KARAKTER
Dalam skenario yang akan kita buat, akan muncul tokoh-tokoh. Kita harus membuat dan mengenalinya lebih dalam. Gunanya banyak. Kita akan tahu bagaimana tokoh tersebut berdialog, berpikir dan bertindak. Kita akan tahu bagaimana si tokoh akan memecahkan masalah. Juga bagaimana koflik antara satu tokoh dengan tokoh lain.
Pada tahap pencarian pemain (casting), penjelasan karakter juga sangat membantu untuk menemukan pemain yang cocok untuk memerankan tokoh yang dibuat. Selanjutnya, bagi pemain itu sendiri akan lebih mudah untuk memahami karakter tokoh yang harus dimainkannya.

Untuk mengembangkan karakter tokoh, kita bisa melakukannya dengan memberikan data mengenai : nama lengkap dan panggilan, agama, umur, hubungan keluarga dan pertemanan, kegemaran (ilmu pengetahuan, film, musik, olahraga, bacaan, makanan), ciri-ciri fisik, intelejensia, gaya busana, cara berbicara, sifat, tempat tinggal, dan lain-lain.

Contoh perincian karakter: Sinta, cewek SMA usia 18 tahun, tidak terlalu pintar. Tatap matanya genit, murah senyum, rambutnya yang ikal panjang sampai ke punggung, dan tubuhnya ramping. Seorang cewek glamour yang selalu tampil seksi. Hobi jalan-jalan dan shopping. Tinggal di sebuah komplek perumahan elit. Orang tua sangat sibuk, jarang di rumah.

LOKASI

Untuk membuat adegan, kita harus menentukan set dan lokasi (tempat adegan berlangsung) terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kita untuk menentukan adegan. Sedang apa, posisinya dimana, dari mana, menuju kemana, melihat apa atau memandang ke arah mana.

Tempat kejadian berlangsung itu bisa berupa set yang dibangun di studio, misalnya ruang-ruang dalam rumah seperti teras, ruang tamu, ruang tengah, kamar, dapur atau kita menggunakan bagian dari bangunan rumah yang sebenarnya. Yang dimaksud set tidak selalu harus rumah, tapi juga jalan atau tempat lain.

Penjelasan set ini, selain berguna bagi kita ketika membuat skenario, juga berguna sebagai petunjuk bagi set builder untuk membangun set di studio atau bagi unit produksi untuk mencarikan bagunan yang akan dijadikan sebagai set yang sesuai dengan tuntutan skenario.

PLOT

Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis skenario sebagaimana dalam penulisan novel maupun cerpen. Struktur plot lazimnya terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu set up atau awal konflik, confrontation atau komplikasi masalah, dan resolution atau penyelesaian masalah. Dengan adanya plot yang disusun terlebih dahulu akan sangat membantu penulis dalam penulisan skenario.

Bentuk plot secara sederhana adalah sebagai berikut :

Babak I : Pada liburan kenaikan kelas dua, Sinta mengadakan party di rumahnya. Pesta usai dan teman-teman pulang. Karena dalam keadaan mabuk, Sinta menerima ajakan Andre, teman sekelasnya yang masih disitu, untuk bersetubuh. Sinta hamil. Untunglah Andre mau bertanggung jawab. Kelas dua SMA mereka resmi jadi suami istri dan beranak satu.

Babak II : Mereka masih labil. Menyelesaikan masalah dengan emosi. Sinta menuduh Andre selingkuh dengan Ratna, teman satu tim Andre di eskul basket. Andre tak terima, dia juga menuduh Sinta main belakang dengan Renald, kakak kelas mereka. Pertengkaran mewarnai hari-hari.

Babak III : Suatu hari ketika mereka bertengkar hebat, anak mereka yang masih belum genap setahun menagis keras. Minta susu. Sementara susu habis. Uang mereka juga tipis. Pada akhirnya mereka berjuang bersama untuk membelikan susu anaknya. Di tengah perjuangan membelikan susu, mereka sadar bahwa bertengkar terus tak ada guna. Ada anak mereka yang harus dipikirkan. Happy ending.

OUTLINE

Outline adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih rinci. Jadi bisa dikatakan bahwa outline adalah penjabaran dari plot. Contoh outline adalah sebagai berikut :
1. Di Rumah Sinta :
1.1. Sinta berjoged bersama teman-temannnya, mengikuti dentuman house music,
1.2. Sinta dan Andre saling curi-curi pandang,
1.3. Karena kebanyakan minum Sinta mabuk, party hampir usai,
1.4. Teman-teman sinta pulang, Andre terlihat enggan pulang,
1.5. Andre menyusul Sinta yang menuju kamar tidur, dst

SCENE

Scene atau scene heading merupakan informasi tentang adegan. Scene heading umumnya terdiri dari nomor scene, INT/EXT, lokasi adegan, dan waktu adegan. INT singkatan dari interior digunakan apabila pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan. sedangkan EXT singkatan dari exterior digunakan apabila pengambilan gambar dilakukan di luar ruangan. Adapun bentuk scene heading adalah sebagai berikut :

1. INT. RUMAH SINTA – MALAM

ACTION
Action atau aksi adalah keterangan mengenai kejadian dalam setiap scene atau adegan yang merupakan penjabaran dari outline yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Scene 1 dapat ditulis sebagai berikut :
INT. RUMAH SINTA – MALAM
Sinta berjoged bersama teman-temannya mengikuti dentuman house music.

DIALOG & PARENTHETICAL
Dialog adalah kata atau kalimat yang harus diucapkan oleh karakter dalam adegan. Sedangkan parenthetical adalah pentunjuk aksi atau ekspresi yang harus dilakukan oleh karakter dalam mengucapkan dialog. Misalnya emosi, sedih, menangis, tersenyum, tertawa, dan sebagainya. Adapun dialog yang mengiringi perjalanan scene yang menunjukkan suara hati atau pikiran dari karakter tanpa melafalkan dialog digunakan istilah Voice Over (V.O), sedangkan dialog tanpa menampilkan karakter dalam adegan digunakan istilah Off Screen (O.S). Contoh dialog dan parenthetical adalah sebagai berikut :

1. INT. RUMAH SINTA - MALAM
Sinta dengan tank top dan rok mininya begitu enerjik berjoged bersama teman-temannya. Kedua tangannya diangkat ke atas dan berputar-putar mengikuti dentuman musik. Sementara kepalanya mengangguk-angguk.
SINTA

(V.O)

Hidup ini harus dirayakan. Harus berpesta. Aku tak pernah tahu, kenapa orang-orang masih punya alasan untuk bersedih. Bukankah hidup ini sudah susah? Kenapa pula hati selalu diliputi sedih, takut, bimbang, kecewa, ah bullshit! Bersenang-senang lah, berpesta lah!

ATURAN BAKU
Dalam menulis skenario terdapat beberapa aturan baku, di antaranya:
1. Font Courier New
2. Ukuran/size 12.
3. Spasi satu (1). Bukan satu setengah, bukan dua

Ketiga format dasar di atas ada hubungannya dengan durasi film. Secara internasional sudah diakui bahwa dengan font courier new, size 12 dan spasi 1, maka satu halaman skenario sama dengan satu menit film. 120 halaman skenario = 120 menit film, atau dua jam.

Pernyataan ini pun sebenarnya masih tergantung juga pada seberapa detil penjelasan visual di skenario tersebut, dan berapa perbandingan antara penjelasan visual/action, dengan dialognya.

ISTILAH PENTING
Ø BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh.

Ø CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasanya, untuk menegaskan detail sesuatu seperti ekspresi tokoh yang penting, seperti senyum manis atau lirikan mata. Tokoh biasanya muncul gambar wajah saja.
Ø COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya.
Ø CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi
Ø CUT BACK TO: Transisi perpindahan dalam waktu yang cepat untuk kembali ke tempat sebelumnya. Jadi, ada satu kejadian di satu tempat, lalu berpindah ke tempat lain, dan kembali ke tempat semula.
Ø CUT TO: Perpindahan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi bersamaan, tetapi di tempat yang berbeda atau kelanjutan adegan di hari yang sama.
Ø DISSOLVE TO: Perpindahan dengan gambar yang semakin lama semakin kabur sebelum berpindah ke adegan berikutnya.
Ø ESTABLISHING SHOT: Pengambilan gambar secara keseluruhan, biasa disingkat ESTABLISH saja.
Ø EXT.(EXTERIOR): Menunjukan tempat pengambilan gambar diluar ruangan.
Ø FADE OUT: Perpindahan gambar dari terang ke gelap secara perlahan.
Ø FADE IN: Perpindahan gambar dari gelap ke terang secara perlahan.
Ø FLASHBACK: Ulangan atau kilas balik peristiwa. Biasanya, gambarnya dibedakan dengan gambar tayangan sekarang.
Ø FLASHES: Penggambaran sesuatu yang belum terjadi dalam waktu cepat; contohnya: orang melamun.
Ø FREEZE: Aksi pada posisi terakhir. Harus diambil adegan yang terjadi pada tokoh utama dan dapat membuat penonton penasaran sehingga membuat penonton bersedia menunggu kelanjutannya.
Ø INSERT: Sisipan adegan pendek, tetapi penting di dalam satu scene.
Ø INTERCUT: Perpindahan dengan cepat dari satu adegan ke adegan lain yang berbeda dalam satu kesatuan cerita.
Ø INT. (INTERIOR): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
Ø LS (LONG SHOT): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
Ø MAIN TITLE: Judul cerita pada sinetron atau film.
Ø MONTAGE: Beberapa gambar yang menunjukkan adegan berurutan dan mengalir. Bisa juga menunjukkan beberapa lokasi yang berbeda, tetapi merupakan satu rangkaian cerita.
Ø OS (ONLY SOUND): Suara orang yang terdengar dari tempat lain; berbeda tempat dengan tokoh yang mendengarnya.
Ø PAUSE: Jeda sejenak dalam dialog, untuk memberi intonasi ataupun nada dialog.
Ø POV (POINT OF VIEW): Sudut pandang satu atau beberapa tokoh terhadap sesuatu yang memegang peranan penting untuk tokoh yang bersangkutan.
Ø SCENE: Berarti adegan atau bagian terkecil dari sebuah cerita.
Ø SLOW MOTION: Gerakan yang lebih lambat dari biasanya. Untuk menunjukkan hal yang dramatis.
Ø SFX (SOUND EFFECT): Untuk suara yang dihasilkan di luar suara manusia dan ilustrasi musik. Misalnya, suara telepon berdering, bel sekolah, dll.
Ø SPLIT SCREEN: Adegan berbeda yang muncul pada satu frame atau layar.
Ø TEASER: Adegan gebrakan di awal cerita untuk memancing rasa penasaran penonton agar terus mengikuti cerita.
Ø VO (VOICE OVER): Orang yang berbicara dalam hati. Suara yang terdengar dari pelakon namun bibir tidak bergerak.

Tips Membuat Naskah Skenario Film Yang Menarik

Penulis scenario film, Adenin Adlan mengungkapkan bahwa penulis skenario harus bisa membuat skenario sesuai dengan kebutuhan sutradara. “Adakalanya naskah novel yang panjang harus diringkas untuk bisa menjadi tayangan film berdurasi 1,5 jam. Tapi adakalanya naskah cerpen yang hanya 1,5 halaman harus dikembangkan sedemikian rupa sampai akhirnya menjadi puluhan lembar naskah film,” ujar Adenin, yang diantaranya telah membuat scenario untuk film “Rumah Tanpa Jendela” ini.

Berikut ini tips bagaimana membuat naskah scenario film yang menarik, ala Adenin Adlan:

1. Tahap Pertama: Yang pertama kali dilakukan ketika akan membuat scenario film adalah membuat synopsis. Begitu selesai , penulis scenario akan terus bergerak untuk mengembangkan plot yang merupakan scenario tanpa dialog. Setelah itu, barulah proses membuat scenario mendapat tambahan dialog sampai akhirnya scenario tersebut diantarkan kepada sutradara.
2. Tahap Kedua: Salah satu tahapan yang paling penting dalam pembuatan naskah scenario adalah membuat plot film, yakni menyusun urutan golden scene. Adenin menuturkan, golden scene adalah penentuan adegan-adegan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi adegan andalan. Bisa membuat para penonton tertawa, menangis, terkejut bahkan ketakutan di sepanjang durasi film berlangsung, bergantung pada efek yang ingin ditampilkan.
3. Tahap Ketiga: Usai Golden Scene yang dikumpulkan dinilai cukup untuk membuat penonton duduk menyimak film, selanjutnya proses pembuatan scenario yang sudah setengah jalan ini bisa dibilang sudah selesai. Dan proses selanjutnya, penulis naskah tinggal melengkapi keseluruhan dialog dan membuatnya menjadi senjata untuk membangun sebuah film.

Lain-lain

Swastika Nohara, penulis skenario Hari Ini Pasti Menang (HIPM) menceritakan pengalamannya kepada pembaca Citizen6.com

Bagaimana ceritanya sampai bisa menulis skenario Film Hari Ini Pasti Menang?

Sebelum menulis skenario film Hari Ini Pasti Menang, saya sudah menulis skenario film Mbak Lastri untuk PH yang sama yakni Bogalakon Pictures. Sayangnya film Mbak Lastri yang sudah selesai shooting ini tidak jadi tayang. Bogalakon kembali menugaskan saya menulis skenario film Hari Ini Pasti Menang, sebuah sport-drama tentang timnas Indonesia setelah lolos ke Piala Dunia 2014 di Brazil. Mengkhayal? Memang iya! Hahahaha... Selain gemerlapnya dunia sepak bola, film ini juga membahas sisi gelap permainan sepak bola di Indonesia, termasuk soal judinya.

Pengalaman menarik selama mengerjakan skenario Film Hari Ini Pasti Menang?

Dalam proses riset film Hari Ini Pasti Menang, saya bertemu dan wawancara santai seorang bandar judi kelas kakap. Dari dia lah saya belajar soal seluk-beluk judi bola di Indonesia, termasuk istilah-istilah khusus yang dipakai. Saya sempat bengong pas mendengar cerita betapa mudahnya para high rollers itu mempertaruhkan uang dan aset bernilai milyaran rupiah hanya untuk sebuah pertandingan sepak bola!!! Gila! Bagi saya, uang milyaran rupiah itu kayak tabungan seumur hidup!! Sementara sang bandar malah tertawa ngakak melihat ekspresi bengong saya. Wah, kena deh saya ditertawakan bandar... hahahaha...

Apa tantangan menulis scenario Film tersebut?

Bulan April nanti, film Hari Ini Pasti Menang akan tayang di bioskop, terus terang sekarang saya deg-degan menanti bagaimana respon penonton. Sebagai penulis, enaknya adalah kita bisa move-on ke project film selanjutnya meskipun film ini belum rilis. Sekarang saya sedang menulis skenario film Cahaya Dari Timur yang akan shooting di Desa Tulehu, di dekat Ambon. Selain menulis skenario, saya juga mengajar part time di jurusan film Binus International, semester ini untuk mata kuliah Film Production

Sekarang boleh dibilang salah satu impian masa kecil saya mulai terwujud. Sejak SD saya sangat suka membaca buku-buku fiksi karya Enid Blyton dan Alfred Hitchock, dan bermimpi suatu saat saya juga menulis karya fiksi yang bisa dinikmati orang banyak.

Bagaimana awalnya sampai menjadi penulis naskah/ skenario seperti sekarang?

Sebenarnya saya sudah mulai menulis naskah atau skenario film dokumenter pendek sejak bekerja sebagai reporter & anchor TV. Kemudian saya resign dari pekerjaan tersebut dan mendapat beasiswa British Chevening untuk mengambil program Master di London, dan disinilah saya sering mengikuti kelas penulisan skenario meskipun statusnya sebagai mahasiswa sit-in (tidak masuk SKS karena saya ambil jurusan lain).

Ada alasan khusus kenapa memilih menjadi penulis naskah?

Ketika itu saya sudah mulai menulis skenario fiksi untuk FTV. Setelah kembali ke Jakarta, saya terpilih ikut work shop penulisan skenario dengan tutor Tom Abrams, seorang penulis skenario dari Hollywood. Disinilah kami mendapatkan banyak hal tentang penulisan skenario, dan mendapat bimbingan intensif. Seluruh peserta workshop ditantang mengembangkan kerangka skenario dan Tom selalu saja berhasil menemukan cara untuk membuat cerita kita lebih menarik.

Saya berangkat dari dunia jurnalistik TV yang dituntut untuk memikirkan aspek visual sejak awal menulis. Kebiasaan berpikir visual ini terus terbawa sehingga saya merasa menulis skenario adalah outlet yang pas dibandingkan bidang penulisan fiksi yang lain.

Apa kesyikan menulis skenario, dibanding dengan menulis cerita fiksi lain, cerpen, novel?

Terus terang saya belum pernah menulis novel dan cerpen. Salah satu tantangan menulis skenario adalah kita harus bisa bekerja dalam tim, karena proses kreatifnya selalu melibatkan sutradara dan produser. Rasanya puas sekali kalau di meeting produksi, sutradara terlihat excited saat membahas skenario yang saya tulis. Kadang penulis harus bersedia kompromi, in a good way, misalnya terkait budget produksi. Keterlibatan produser juga 'memaksa' saya menyelesaikan skenario dalam tenggat waktu tertentu, dan ini bisa jadi tantangan tersendiri. Satu hal penting adalah lancarnya komunikasi dan terbuka menerima masukan selama proses menulis skenario.

Lebih personal, apa kegiatan atau kesibukan lain?

Selain skenario film, tahun ini untuk pertama kalinya saya menulis naskah komik, bersama Estu Ernesto. Judul komiknya GO8, ilustrasinya dikerjakan tim Makko. Sekarang sudah selesai dicetak dan segera beredar di outlet-outlet Seven Eleven di Jakarta. Komik kok jualannya di minimarket? Agak aneh ya. Hahaha... kami memang suka sesuatu yang berbeda. (KW)

*Karmin Winarta adalah pewarta warga





Sumber Sumber
Sumber
Tags : Penulisan Cerira Skenario Naskah 



10 Tips (short movie) maker


1. Apa yang akan anda buat dan apa yang saja yang harus anda siapkan?
Tentukanlah ide cerita yang akan anda filmkan, judul, skenario, segmen penonton, para pemain, lokasi, peralatan (kamera, dll) dan besar biaya produksi.
2. Jangan mulai produksi tanpa adanya budget
Film, meskipun sederhana sangat membutuhkan biaya!. Besar biaya memang tidak terbatas, bisa besar bisa kecil. Dengan membuat prakiraan biaya (budget), maka kita akan lebih tahu apa yang harus kita lakukan dengan uang yang dimiliki. Produksi tanpa budget menyebabkan rencana-rencana tidak bisa diprediksi. Apalagi jika uang yang tersedia tidak mencukupi, bisa-bisa film yang sedang dikerjakan tidak selesai-selesai.
3. Minta persetujuan pihak-pihak yang terlibat
Sebelum shooting dilakukan, ada baiknya meminta persetujuan tertulis dari pihak-pihak yang terlibat didalam film, seperti aktor/aktris, music director, artwork, sponsor, atau siapa saja yang ingin berkontribusi. Bereskan dulu semua ini!. Karena kalau memintanya saat shooting dimulai, maka �kemangkiran-kemangkiran� dari pihak-pihak tersebut akan terasa sulit dimintakan pertanggung jawabannya.
4. Buatlah film pendek memang pendek!
Penulis naskah dan/atau sutradara harus bisa memenuhi standar yang menyatakan bahwa sebuah film adalah film pendek. Bertele-tele dalam penyajiannya akan membuat penonton bosan. Jika itu film pendek..maka harus pendek. Meskipun sulit, tapi memang harus begitu. Standar film pendek adalah maksimal berdurasi 30 menit!.
5. Jika memakai aktor yang tidak professional, sebelumnya lakukanlah casting
Tidak lepas kemungkinan film pendek dibintangi oleh aktor/aktris yang tidak professional (amatir). Ini sih wajar-wajar saja. Apalagi mereka (mungkin) tidak dibayar. Tapi untuk memilih karakter-karakter pemain yang sesuai, wajib melakukan pemilihan peran (casting). Jangan memilih orang sembarangan apalagi casting baru akan lakukan beberapa saat menjelang shooting. Berbahaya!.
6. Tata suara sebaik-baiknya
Tata suara yang buruk pada kebanyakan film pendek (meskipun memiliki konsep cerita menarik) menyebabkan tidak nyaman ditonton. Gunakan perangkat pendukung tata suara seperti boom mike untuk mendapatkan hasil yang baik (kalau nggak punya, beli atau pinjam aja).
7. Yakin OK saat shooting, jangan mengandalkan post-production
Saat ini semua film kebanyakan dikerjakan dengan kamera digital. Maka tidak sulit untuk memeriksa apakah semua hasil shooting sudah memenuhi sarat atau belum dengan melakukan playback. Periksa semua! frame dialog, tata suara, pencahayaan atau apa saja. Apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diinginkan ?. Sangat penting; periksa setelah shooting, bukan pada saat paska produksi.
8. Hindari pemakaian zoom saat shooting
Kameraman yang baik adalah yang bisa mengurangi zooming. Kecuali bisa dilakukan dengan sebaik mungkin. Mendapatkan gambar lebih dekat ke objek sangat baik menggunakan dollycamera glider atau lakukan cut and shoot.
9. Hindari pemakaian efek yang tidak perlu
Sebuah film pendek banyak mengandalkan efek-efek seperti; memulai film dengan alarm hitungan mundur (ringing alarm clock), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Pikirkan dengan baik, apakah hal-hal ini perlu ditampilkan atau tidak. Pilihan yang sangat bijak jika semua itu tidak terlalu berlebihan.
10. Hindari shooting malam di luar ruang
Suasana gelap adalah musuh utama kamera (camcorder). Pengambilan gambar diluar ruang pada malam hari sangat membutuhkan cahaya. Apabila tidak didukung pencahayaan yang cukup maka hasilnya tidak akan bagus. Meskipun dapat melakukan color correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkannoise dan kualitas gambar menjadi drop. Paling baik adalah merubah skenario menjadi suasana siang hari tanpa merubah jalan cerita.
Semoga berhasil…

SEMUTIRENG

Ini dia komunitas film yang berdiri pada 20 September 2013 dikarenakan
imajinasi anak kontrakan dalam membuat SHORT MOVIE

SEMUTIRENG yang terdiri dari anak-anak IT TELKOM dan STISI TELKOM
Saat ini telah mencapai 17 anggota dengan 9 dari IT TELKOM dan 8 dari STISI

Karena film perdana kita adalah Alien 5 a.m yang sebenarnya Film 
untuk iseng dalam lomba di ACT EART 
membuat anggota semakin ingin membuat film lagi

Disinilah muncul ide-ide baru untuk film yang akan rilis dengan tema KITA VS KPK
Dan Film tentang narkoba this film action, fight, blood and love

like FILM Alien 5 A.M


Rabu, 05 Juni 2013

Ada cerita di PENGHIJAUAN









bersih mrican

kayaknya udah lama banget sejak kejadian ini..

persis hari lingkungan hidup 2010 kita mencoba membersihkan eceng gondok demi keberlangsungan kehidupan diantara milyaran ton air yang berada di waduk mrican.

ingat ssat itu kita masih bangga akan pakean yang kita pakai hijau dan orange.

semilir angin yang mengaung dan memberikan kesegaran duniawi memulihkan kita akan semangat bekerja.


melawan menerjang hati yang kian bahagia bersama dengan wajah penuh senyuman kita semakin kuat merauk daun-daun hijau yang menutupi dalamnya kubik air di mrican inih.

hanya bermodal tambang, tangan dan sebongkah kayu untuk berenang kita mulai menyelesaikan ini..

makasi alam

hari lingkungan hidup 2010

Selasa, 04 Juni 2013

HIDUP

Hidup gak slalu selamanya terkekang kok

Ni dia contohnya abang upit yang selalu buat
dirinya heppy ending deh..

setiap main kemana.. champ dimana dan dimana aja pasti kelakuannya kaya gini lah hahahh

part 1

Juni 2013

Menatap langkit, menatap cahaya, menatap mega merah yang mulai tenggelam diantara gundukan gunung itu.

Ingat saat dimana kita saling berbagi tawa, berbagi cerita, dan berbagi harapan. Menepuk punggung kita saat lelah, menepuk dada kita saat terengah, menepuk tangan kita saat kita sedia.

Sore yang entah kapan berhenti memancarkan rancangan kekilauan itu melai menampakan kelemahan bagai punggung kiri yang lelah menopang beban jabatan tangan kawan mulai menyusut hingga air laut diujung barat seakan terbakar lahar-lahar panas yang bergejolak membawa ombak kecil yang penuh tipuan.

Sesosok kecil bocah berlarian diantara pasar-pasir yang berdering tertiup hembusan sang angin tanpa warna, tanpa rasa, tanpa suara. Memandangnya seakan teguhkan hati yang selalu layu saat lelah berjalan diantara sang fana dunia ini. Senyumku mulai berkhayal akankah waktu ini akan selalu terulang hingga takdir kita tiba.

Berlariku mengejarnya meninggalkan batuan yang telah menjadi tahtahku saat sang pangeran mulai mengungsi dilepas laut itu. Senyuman saat memandangnya semakin  menambah keceriaanku seakan hal yang terlewati semakin hilang tertelan indahnya bibir yang berikan hangatnya sang sunset.

Berlari.... Mengejar... Tertawa... Terbahak ku dibuatnya..

"Di, bisakah kita seperti ini hingga mati nanti?" terucapku dengan terengah karena lepasku berlari
"Tentu, boy" dengan senyumnya

................................

Sudah 7 tahun berlalu

................................

Dering beker ini membangunkanku, serentak tubuh ini berdiri dan semakin gelap dan gelap mata ini inginku kembali terbaring dalam pelukan kasur ini dan aku ingat hari ini ada kuliah pak dosen yang selalu bermuka jahat padahal dalam hatinya cengang. Teringat waktu aku kekamar mandi pagi itu, terdengar suara tangisan dari balik pintu yang tertutup rapat. Akupun mencoba melihat itu, jelas terdengar suara orang yang sering memarahiku saat aku telat diajarnya.

Saat ku dekati pintu itu, perlahan pintu itu terbuka terlihat wajah dosen kalkulusku mlempem seperti orang baru ditabok sama leper milik warung sebelah kosanku.

...... ...

Selasa, 29 Januari 2013

29 january 2013

29 januari 2013

kayaknya gak cocok masuk dunia teknologi.... nilainya off semua E

harus gue ngulang ni kuliah.. hadehh





Sabtu, 15 Desember 2012

16 desember 2012


  • So why you just leave me?
    So ehy dont you just listen?
    Now I'm stay here all alone...

    So why you change yoour feeling
    So why did you disappear?
    And you leave me all alone...

    So many words from you that makes me feel just
    like I'mm everything...oh, I used to it...
    Unforgotten moment that we shared together just
    past like nothing... so hear me now

    I can explain but you dont event want to shared all this cases
    You close your heart but you don't hide
    Just pretending all is over

    I disagree and you keep your decision tight and never le me
    into your lovely heart again...

    Don't leave me like this
    Please take it back and call me...
    Call me in December 16th
    Call me in December 16th

    Where are you now, are you missing me tonight?
    Where are you now, are you missing me tonight?

Rabu, 05 Desember 2012

06 Desember 2012

Wisata Malam kota paris van Java

Sebuah wisata yang begitu indah menemukan hal baru :

- Stasiun Kota Bandung Malam
- Parahyangan
- Alun-alun Kota Malam

Sebuah jalan yang begitu rame di hinggapi kupu-kupu yang mencoba mencari sandaran bunga-bunga raflesia yang mulai berdatangan dengan burung-burung kecil hitam yang setiap saat mencoba memasuka terowongan gelap diantara sudut kota Bandung.

Kupu-kupu yang begitu manis dan anggun mulai berjaajaran disepanjang jalan seperti "bunga ditepi jalan" asikkk

Bunga Raflesia yang begitu mampu memusnahkan para kupu-kupu itu malai datang dan membuat para kupu-kupu malai hinggap diantaranya.

Dengan tawaran dan negoan berupa madu yang setiap kupu-kupu cari walau agak miris tapi begitu indah bagi kupu kupu itu..

Jauh si dari punga mawar yang hanya menunngu kupu-kupu itu datang dengan senyuman hati, bukan senyuman palsu

sebuah kiasan dimana wisata malam yang indah melai membaur dengan kehidupan kita..


Sabtu, 24 November 2012

Novel (1...) 25 desember 2012 (tuju)

Sebuah nyanyian yang terdengar begitu jelas diantara rongga-rongga radio cawang yang telah terbiasa menjadi teman seorang pemuda  yang tiap harinya hanya duduk diantara pohon yang dijadikan rumah pohon baginya....

Menunggu setiap hari akan datang kembalinya seorang teman yang telah hilang diantara lautan lepas yang tiap hari ia pandangi dengan harapan kembalinya teman dengan perahu kecil yang mereka buat untuk mengarungi lautan lepas dulu..

Terbayang akan wajah teman yang telah terbiasa menemani dalam berbagai hal.....
diantara lautan yang terlalu biru itu, diatas bukit yang terjal itu dan dilorong-lorong bukit batuan yang menjalur diatas pantai bagaikan tembok penghalang ombak-ombak dari lautan biru itu...

"Blue sea" kata yang slalu teringat didalam angan pemuda itu.... Marwan namanya...
Sesosok pemuda yang hanya ingin merasakan kebebasan dengan sebagian hal extream yang ia lakukan dulu bersama temannya Elhan...

Karna sekarang hanya bisa duduk diantara kayu-kayu pohon yang ia sulap jadi rumah kecil untuknya memandang bagaimana teman baiknya hilang termakan blue sea itu..

Mungkin ia benci atau hanya tertatap pada masa lalu yang kian hari menjadi ingatannya...

Suara-suara itu masih jelas terdengar dalam telinga "tolong Man.. tolong Man" selalu memanggilnya seakan sudah merasuk pada pikiran kosongnya...

Walau radio cawang hanya mendendangkan lagu yang tiap hari dia dengar bersama Elhan tapi tak akan membantunya menahan kerasnya pagilan minta tolong yang slalu memanggilnya...

"Sendiri"..............

14 Hari sebelumnya......

Kaki-kaki kuan melompat diantara batuan terjal diantara pantai yang tak ternama dan tak diketahui banya manusia disana hanya ada Marwan dan Elhan yang tiap harinya berlali mencari kebebasan...

"trap... trap... trap" sandal gunung yang sudah terlalu lama mereka pakai...
"ayo Man" Elhan berkata dengan turus berlari...
"ayoo... hehe... capek wan ... terlalu tinggi batuan yang kita lompati "
"kenapa? kamu gak kuat Man? payahhh "

Marwan pun mencoba berhenti mengambil nafas dengan dada yang begitu cepat bergetak seakan jantungnya ingin meletus karna lelahnya "hahhh hahhh hahhh cepek" menempelkan badanya disalah satu batu yang menjulang itu... dia hanya melihat Elhan yang terus berlari dan berimajinasi di punggung temannya itu seperti terdapat dua sayap yang membantunya terus melompat diantara batuan ini...

"Lelah".....

Terlepas pandangan seorang teman dari mata Marwan....
"Han.... Han... Dimana kamu Hannnn??????" Berteriak dengan kuat sampai urat dileher yang terlihat begitu jelas... terus memanggi dan memanngil.... dia takut seakan dia tertinggal oleh kawannya. Semakin hilang dan hilang. Dia pasrah hanya bisa bersandar pada batuan tanpa bisa mengejar temannya.

"hahahahaha.." ketawaan yang begitu keras diatas batu yang menjadi sandaran Marwan
"kamu kenapa Wan, hehe gak mungkin lah aku ninggalin sahabat ini, aku kan slalu bersamamu hehe"

"ah kamu Han selalu buat orang hilang kendali, takut ni disini sendirian... rasanya sudah saatnya kita balik" tuturan dari Marwan dengan hati yang berkata "sialan, ngapain aku ditinggal awas ajah ntar"

Keduanya pun beranjak pulang mangitari pulau untuk kembali ke desa mereka.. sebuah tempat yang hanya terdapat begitu banyak nelayan yang tiap harinya berurusan dengan ikan-ikan dilaut....

Tempat yang baunya seperti lemon busuk dicampur dengan bakaran ikan busuk... begitu amis seakan desa itu semua keadaan tak terawat bagaimana warga disitu bisa membuang sampah ikan busak dengan benar bukan hanya tergeletak disepanjang desa...

"kuburan ikan"

Meraka selalu mengatakan demikian tapi bagaimanapun tempat itu begitu indah sebelum sesosok hati nurani mereka akan kehidupan hilang diterjang ombak waktu itu...

sebuah ombak yang berusaha menghancurkan segala hal yang ada disitu. Seperti Tsunami tapi hanya gelombang yang berdiri sejajar dengan ketinggian hampir seatas atap rumah kepala desa. Semua hancur tanpa korban karna warga telah berlari bersembungi diatas bukit belakang desa itu.

Hanya suara teriakan yang begitu ramai terdengar telinga dan suara langkah-langkah lari warga saat itu.

Sejak saat itulah semua hal yang membuat mereka terima kasih terhadap alam telah lenyap seperti hati yang tertabrak ombak yang begitu besar. Kejadian dimana Elhan dan Marwan masi dalam kandungan tanpa melihat kejadian yang telah menghancurkan semua baik kapal, rumah serta tempat yang dulu warga jadikan lahan pertanian.

"hancur"

Elhan dan Marwan yang saat ini berusia 17 tahun  hanya mendengar cerita-cerita itu dari para petuah yang enggan kembali mencintai lautan lepas itu...

Tapak kaki dua pemuda ini pun terlihat begitu banyak diantara pantai saat meraka kembali ke desa dari batuan tadi  dan di ujung lautan terlihat sebuah mega merah yang mulai ngantuk dan ingin bersembunyi dari pandangan kedua anak ini dan kedua anak ini duduk sambal melihat lautan dalam keadaan merah itu... seperti lautan darah.

"Wan tau gak sepertinya aku ingin pergi ke sana" hanya lautan lepas yang Elhan tunjuk
"Ngapain Han? sepertinya kita aman disini... disana begitu banyak ombak tinggi yang kata petuah bisa menghancurkan kita"
"Kenapa? aku ingin berlari bukan hanya disini ... ingin mendaki bukan hanya diantara gunung dibelakang hutan desa kita dan ingin tenang bukan hanya diantara lubang batuan yang tiap hari kita kunjungi" Semangat Elhan terus melaju baginya itu harus terwujud.
"iah Han, Ayo kita  pergi aku juga sudah muak dengan desa yang begitu asing baunya mungkin bagi orang-orang yang jauh disana "Blue Sea"
"Iahh Man "Elhan  Sambil tersenyum memandang mega merang yang seakan mau lenyap
"Ayo pulang... bukan saatnya kita disini ntar kita dicari warga, dikira hilang diantara lautan hehehe"
"Hehe iah wan, terlalu banyak bercanda kau ini"

"tertawa"........

Mereka pun kembali kedesa dengan langkah yang begitu biasa, bagi mereka elegan karna mereka sendiri yang merasa walau warga di desa selalu acuh dengan apa yang kedua pemuda ini lakukan.


persambung.............




Kamis, 22 November 2012

22 November 2012

Hari yang biasa...>>>

semuanya kacau saat jari-jari ini melangkah diantara huruf-huruf kecil di keyboard..

mungkin menuju kata fisika dan inggris..

pelajaran yang mungkin begitu sulit buat aku tau...

saat-saat dimana sebuah nadi berkaca pada genangan air hujan yang terlalu malang diinjak begitu banyak manusia...

saat-saat dimana mata ini menuju kegelapan yang begitu suram buat dilalui...

fisika mungkin hanya pelajaran yang begitu sulit buat dipahami...

gejala yang terjadi di alammm

inggris,....
huek

orang indonesia ngomong inggris... orang jepang ngomong inggris,... orang malaysia ngomong inggris..
orang inggris ngomong inggriss....

ehh.. memang benar....

tapi hatiku terasa begitu suram ketika pandanganku hanya bisa melihat angka 4 disitu....


#surammm

Rabu, 21 November 2012

11-12 November 2012

"02.30" >> terbangun

Show time in banjarnegara .....
disinilah ku pijakan kakiku kembali dibanjarnegra..... kuturun dari bus yang membawaku kembali kesini..... kuliat diseberang jalan sahabat baikku >>eko dan kewan<< menunggu kedatanganku dengan mantel yang berusaha melindungi mereka dari hujan pagi ini.....

"03.00" >> Besecame kopet

sampai juga di tempat sahabat-sahabat yang tertidur delantai tanpa peduli dinginnya pagi ini....
mungkin mereka capek-kesel atau mereka cuma pengin terlihat manis saat aku datang tanpa sambutan...
dan akhirnya akupun ikut tertidur....

"09.00" >> start napak tilas hari kedua

disinalah aku berusaha menemukan dia "CITRA" cewek yang slalu membuat aku untuk pulang kekota yang terlalu indah ini... dibandingkan bandung yang fana itu...

"09.00 -11.00" >> perjalanan

melelahkan tapi indah disinilah hal yang aku nantikan embali berjalan diantara desa-desa dan hutan yang masih terlalu indah untuk diketahui oleh orang kota yang hanya bisa mendamparkannya...

mungkin disini aku kembali menjadi tukang foto dengan slr ini...
udah kaya tukang foto keliling diantara alam ini ajahh...

liat peserta napak tilas yang terlalu banyak mungkin 500 orang lebih... berjalan menyelusuri tanah banjarnegara

ada yang demi kemenangan-hobi-kawan-cinta

kaya aku hanya kesenangan bersama teman disin dan cinta juga sihhh... hehe

"12.00" >> capek

saat capek saat mencari tumpangan mobil atau truk warga sekitar >> upit dan ayahah yang bertugas nyari hehe...

>>>> sampai kefinis "16.00"

disinilah musik yang gak asing bagi mereka gank nam style pagiku "EMBEG" kesenian tentang bagaimana orang kerasukan setan dan mereka dicambuk kaya budak "kejammmm"

tapi asikkkkk hehe... >>>> sampaia malam...